Hidup Mulia di Atas
Tauhid
oleh : Ust. Abul Asybal, Lc. -hafizhahullah-
Tauhid
laksana pohon besar yang kokoh lagi menjulang tinggi. Akarnya kuat, batangnya
besar, dedaunannya hijau dan menyejukkan mata. Di bawahnya, manusia bernaung
dan beristirahat. Akar, batang, daun dan rantingnya dirasakan manfaatnya oleh
manusia.
Daunnya
merupakan taman-taman indah bagi burung-burung yang tengger padanya. Buahnya
amat manis dan sedap, membuat manusia dan hewan-hewan senang dan bahagia.
Allah -Tabaroka
wa Ta'ala- memperumpamakan kalimat tauhid di dalam Al-Qur'an,
أَلَمْ
تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ
أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ (24) تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ
بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ
يَتَذَكَّرُونَ (25)
[إبراهيم : 24_25]
"Tidakkah kamu perhatikan bagaimana
Allah Telah membuat perumpamaan "kalimat yang baik" seperti
pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit.
Pohon itu memberikan buahnya pada
setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu
untuk manusia supaya mereka selalu ingat." (QS. Ibrahim : 24-25)
Sebagian ahli tafsir menjelaskan bahwa "kalimat
yang baik" adalah "kalimat tauhid". Ini adalah
penafsiran sahabat Ibnu Abbas -radhiyallahu anhuma- sebagaimana yang
dijelaskan oleh Ibnu Jauziy -rahimahullah- dalam Zadul Masir
(4/27).
Pada momen yang berharga ini, kami akan menghidangkan
kepada anda buah manis dari tauhid berupa keutamaan-keutamaan dan kebaikannya,
agar setiap orang yang bertauhid menyadari bahwa sesungguhnya ia hidup di atas
kemuliaan.
Diantara keutamaan-keutamaan dan kebaikan tauhid dan
pemiliknya:
1.
Tauhid adalah Sebab Utama Hamba Masuk Surga.
Sebuah
kemuliaan yang tiada bandingannya, seorang hamba yang meninggal di atas tauhid,
maka ia diberi kemuliaan masuk surga. Sungguh sebuah pemberian yang teramat
mahal.
Nabi
-Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,
مَنْ
مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ
بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ
"Siapa
saja yang mati dalam kondisi ia tidak menyekutukan sesuatu apapun bersama
Allah, maka ia akan masuk surga. Barangsiapa yang mati dalam keadaan ia
menyekutukan sesuatu bersama Allah, maka ia akan masuk neraka." [HR. Muslim dalam Shohih-nya (93)]
Al-Imam
Al-Hafizh Ibnu Rojab Al-Hambaliy -rahimahullah-
berkata,
وإن
مذهب السلف والخلف من الفقهاء واهل الحديث على أن من مات موحدا دخل الجنة وإن كان
من أهل المعاصي وأنه داخل تحت المشيئة والله تعالى أعلم
"Sesungguhnya
madzhab para salaf dan kholaf dari kalangan fuqoha' dan ahli hadits bahwa siapa
saja yang mati dalam kondisi ia bertauhid, maka ia akan masuk surga, walaupun
ia termasuk pelaku maksiat dan bahwa ia masuk di bawah kehendak Allah, wallahu
-Ta'ala- a'lam." [Lihat Tasliyah Ahlil
Masho'ib (hlm. 238)]
Subhanallah, alangkah mulia dan bahagianya seorang muslim meninggal
di atas tauhid, tanpa berbuat syirik (menyekutukan Allah dengan makhluk-Nya dalam
ibadah).
2.
Tauhid adalah Agama dan Risalah Para
Nabi dan Rasul.
Islam merupakan agama para nabi dan rasul serta pengikut
mereka. Salah satu inti ajaran agama Islam yang pernah didakwahkan oleh para
nabi dan rasul adalah tauhid!!
Allah -Tabaroka wa Ta'ala- berfirman,
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ
قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلاَّ نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ أَنَا
فَاعْبُدُونِ [الأنبياء : 25]
"Dan kami tidak mengutus seorang
rasulpun sebelum kamu melainkan kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak
ada Tuhan (yang hak) melainkan aku, maka sembahlah Aku olehmu sekalian." (QS. Al-Anbiya' : 25)
Kalimat "Laa ilaaha
illallah", dikenal dengan "Kalimat Tauhid".
Karena dengannya, manusia akan meniadakan semua sembahan, lalu menetapkan satu
sembahan, yaitu Allah. Itulah tauhid.
Al-Imam Qotadah bin Di'amah
As-Sadusiy -rahimahullah- berkata,
لم يرسل نبي إلا
بالتوحيد، والشرائع مختلفة في التوراة والإنجيل والقرآن، وكل ذلك على الإخلاص
والتوحيد.
"Tidaklah pernah diutus seorang nabi,
kecuali dengan (membawa) tauhid. Syariat-syariat berbeda dalam Taurot, Injil
dan Al-Qur'an, namun semua itu di atas ikhlas dan tauhid."
[Lihat Al-Jami' li Ahkam Al-Qur'an (11/280)
oleh Abu Abdillah Al-Qurthubiy]
Ini menunjukkan bahwa risalah Islam yang pernah
disebarkan oleh para nabi tersebut dibangun di atas tauhid 'mengesakan Allah' dalam peribadahan dan
penyembahan. Tiada sembahan yang haq, melainkan Allah.
Sungguh mulia seorang muslim yang mengikuti jalannya para
nabi dan rasul dalam menegakkan panji-panji tauhid dalam kehidupannya.
3.
Tauhid adalah Pelindung Harta dan Jiwa
Jiwa
yang bertauhid beserta harta bendanya amat mulia dan terjaga di dalam Islam.
Seorang muslim yang bertauhid harus dijaga dan dihormati jiwa, harta dan
kehormatannya.
Rasulullah
-Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,
أُمِرْتُ
أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ،
وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَيُقِيمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ
فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ إِلاَّ
بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ.
"Aku
diperintah untuk memerangi manusia sampai mereka mempersaksikan bahwa tiada
sembahan (yang haq), melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul (utusan)
Allah, mereka menegakkan sholat, dan menunaikan zakat. Jika mereka melakukan
hal itu, maka mereka telah melindungi dariku darah dan harta benda mereka,
kecuali karena hak Islam, sedang hisab mereka (kembali) kepada Allah." [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (25) dan
Muslim dalam Shohih-nya (22)]
Di
dalam hadits ini, Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- menerangkan bahwa
menunaikan 3 perkara itu (dua kalimat syahadat, menegakkan sholat dan
menunaikan zakat) merupakan sebab terlindunginya darah seseorang dalam Islam.
Sebuah
kemuliaan dan keutamaan bagi seorang hamba saat dirinya, harta bendanya dan
kehormatannya terjaga oleh kalimat tauhid (Laa ilaaha illallah). Ia ucapkan
kalimat itu dan ia amalkan konsekuensinya.
Abul
Faroj Ibnu Rajab Ad-Dimasyqiy -rahimahullah-
berkata usai membawakan hadits ini,
فتبين
بهذا التقرير أن الأحاديث كلها دالة على أن أفضل الأعمال الشهادتان مع توابعهما ،
وهي بقية مباني الإسلام
"Maka
nyatalah dengan penetapan ini bahwa semua hadits-hadits menunjukkan bahwa
amalan yang paling utama adalah dua syahadat beserta pengiring-pengiringnya,
yaitu bangunan-bangunan Islam lainnya."
[Lihat Fathul Bari
(3/47) karya Ibnu Rajab]
Adakah
keutamaan yang lebih besar saat kita mempersaksikan dan menyatakan kalimat
tauhid bahwa tiada sembahan yang haq, melainkan Allah?! Jawabnya, tidak ada!!
4.
Tauhid adalah Wasiat Orang-orang Sholih Terdahulu.
Orang-orang
sholih terdahulu amat besar perhatiannya kepada urusan "tauhid".
Mereka saling berwasiat tentang tauhid kepada anak-cucunya agar kelak mereka
hanya menyembah Allah saja, tanpa menyembah selainnya.
Kita
lihat Rasul Pertama, Nabi Nuh –alaihish sholatu was salam-. Saat beliau
hendak meninggal dunia, beliau menyampaikan wasiat terakhir kepada anaknya.
Satu
diantara wasiat itu adalah "Wasiat Tauhid".
Beliau perintahkan anaknya agar menjaga kalimat tauhid 'Laa ilaaha illallah',
agar selalu ingat bahwa tiada sembahan yang boleh diibadahi, selain Allah
-Tabaroka wa Ta'ala-.
Rasulullah
-Shallallahu alaihi wa sallam-bersabda dalam mengisahkan hal itu,
إِنَّ
نَبِيَّ اللهِ نُوحًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا حَضَرَتْهُ
الْوَفَاةُ قَالَ لاِبْنِهِ : إِنِّي قَاصٌّ عَلَيْكَ الْوَصِيَّةَ : آمُرُكَ
بِاثْنَتَيْنِ ، وَأَنْهَاكَ عَنِ اثْنَتَيْنِ ، آمُرُكَ بِلاَ إِلَهَ إِلاَّ
اللَّهُ ، فَإِنَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعَ ، وَالأَرْضِينَ السَّبْعَ ، لَوْ
وُضِعَتْ فِي كِفَّةٍ ، وَوُضِعَتْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ فِي كِفَّةٍ ،
رَجَحَتْ بِهِنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَلَوْ أَنَّ السَّمَوَاتِ
السَّبْعَ ، وَالأَرْضِينَ السَّبْعَ ، كُنَّ حَلْقَةً مُبْهَمَةً ، قَصَمَتْهُنَّ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَسُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ ، فَإِنَّهَا صَلاَةُ
كُلِّ شَيْءٍ ، وَبِهَا يُرْزَقُ الْخَلْقُ ، وَأَنْهَاكَ عَنِ الشِّرْكِ
وَالْكِبْرِ قَالَ : قُلْتُ أَوْ قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ : هَذَا الشِّرْكُ قَدْ
عَرَفْنَاهُ ، فَمَا الْكِبْرُ ؟ قَالَ : الْكِبْرُ أَنْ يَكُونَ لأَحَدِنَا
نَعْلاَنِ حَسَنَتَانِ لَهُمَا شِرَاكَانِ حَسَنَانِ قَالَ : لاَ قَالَ : هُوَ
أَنْ يَكُونَ لأَحَدِنَا حُلَّةٌ يَلْبَسُهَا ؟ قَالَ : لاَ قَالَ : الْكِبْرُ
هُوَ أَنْ يَكُونَ لأَحَدِنَا دَابَّةٌ يَرْكَبُهَا ؟ قَالَ : لاَ قَالَ :
أَفَهُوَ أَنْ يَكُونَ لأَحَدِنَا أَصْحَابٌ يَجْلِسُونَ إِلَيْهِ ؟ قَالَ : لاَ
قِيلَ : يَا رَسُولَ اللهِ ، فَمَا الْكِبْرُ ؟ قَالَ : سَفَهُ الْحَقِّ ،
وَغَمْصُ النَّاسِ.
"Sesungguhnya
Nabi Allah, Nuh -Shallallahu alaihi wa sallam- tatkala dihampiri kematian, maka
ia berkata kepada anaknya,
"Sesungguhnya
aku akan menyampaikan kepadamu sebuah wasiat. Aku perintahkan kepadamu dua
perkara dan aku melarangmu dari dua perkara.
Aku
memerintahkanmu dengan kalimat لاَ
إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ (tiada sembahan yang haq, selain Allah).
Sesungguhnya
tujuh lapis langit dan tujuh lapis tanah, andaikan diletakkan pada sebuah daun
timbangan dan kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ pada daun timbangan yang lain, maka
kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ akan mengalahkannya.
Andaikata
tujuh lapis langit dan tujuh lapis tanah adalah lingkaran yang tertutup, maka
kalimat (لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ،
وَسُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ) akan
memecahkannya. Karena, ia adalah doa segala sesuatu; dengannya para makhluk
diberi rezki.
Aku
juga melarang kalian dari kesyirikan dan kesombongan.
Dia
(Abdullah bin Amer) berkata, "Aku katakan, "Wahai Rasulullah,
kesyirikan ini sungguh telah kami ketahui, maka apakah kesombongan itu?"
Seorang
berkata, "kesombongan itu adalah seorang diantara kami memiliki dua sandal
cantik yang memiliki dua tali indah". Beliau bersabda, "Bukan
itu".
seorang
berkata lagi, "Kesombongan itu adalah seorang diantara kami memiliki
pakaian yang ia gunakan". Beliau bersabda, "Bukan itu".
Seorang
berkata lagi, "Kesombongan itu adalah seorang diantara kami memiliki hewan
tunggangan yang ia kendarai". Beliau bersabda, "Bukan itu".
Seseorang
berkata, "Apakah kesombongan itu adalah seseorang diantara kami memiliki
beberapa sahabat yang mereka duduk bersamanya?" Beliau bersabda,
"Bukan begitu". Lalu ditanyakan, "Wahai Rasulullah, apakah
kesombongan itu?"
Beliau
bersabda, "Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan
manusia".
[HR.
Al-Bukhoriy dalam Al-Adab Al-Mufrod (no. 548) dan Ahmad dalam
Al-Musnad (2/169-170 & 225). Hadits ini di-shohih-kan oleh
Syaikh Al-Albaniy dalam Takhrij Kalimah Al-Ikhlash (hal. 57)]
Ulama Negeri Syam, Al-Muhaddits Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy -rahimahullah- berkata,
"Di dalam hadits ini terdapat faedah yang banyak; aku cukup
isyaratkan kepada sebagiannya saja:
Pertama, disyariatkan memberi wasiat ketika hampir wafat.
Kedua, (di dalam hadits ini) terdapat keutamaan tahlil (لا إله إلا الله)
dan tasbih serta bahwa keduanya adalah sebab (datangnya) rezki makhluk…". [Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah
(no. 134)]
Perhatikanlah
keutamaan kalimat tauhid. Ia dapat menjadi sebab datangnya rezki bagi seorang
yang mengucapkannya dan mengamalkan kandungannya. Tak heran jika Rasul Pertama,
Nuh –alaihish sholatu was salam- memerintahkan kalimat ini kepada
anaknya.
Bukan
Hanya Nabi Nuh –alaihis salam- yang mewasiatkan anak-anaknya dengan "Kalimat Tauhid",
bahkan nabi-nabi yang lain juga memberi wasiat dalam hal itu.
Kita
lihat wasiat Nabi Ibrahim –alaihish sholatu was salam- dalam firman Allah
berikut:
أَمْ
كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا
تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَهَكَ وَإِلَهَ آبَائِكَ
إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ
مُسْلِمُونَ [البقرة : 133]
"Adakah kalian hadir ketika Ya'qub
kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa
yang kamu sembah sepeninggalku?" mereka menjawab: "Kami akan
menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu)
Tuhan yang Maha Esa dan kami Hanya tunduk patuh kepada-Nya". (QS. Ibrahim : 133)
Ya'qub –alaihis salam- bertanya tentang "tauhidullah"
kepada anak-anaknya demi menenangkan hatinya bahwa mereka masih memegang teguh "ajaran tauhid",
ajaran Islam yang diemban oleh para nabi dan rasul.
Itulah hikmahnya Nabi Ibrahim –alaihish sholatu was
salam- pernah berdoa,
وَإِذْ قَالَ
إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ
نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ (35) رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ
فَمَنْ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ
رَحِيمٌ [إبراهيم : 35 ، 36]
"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim
berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri Ini (Mekah), negeri yang aman, dan
jauhkanlah Aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.
Ya Tuhanku, Sesungguhnya
berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan diantara manusia. Karenanya,
barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku,
dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang." (QS.
Ibrahim : 35-36)
Jika Ibrahim sebagai nabi dan rasul Allah berdoa kepada
kepada Allah agar beliau dan anak keuturunannya dijauhkan dari kesyirikan
(menyekutukan Allah dengan makhluk dalam ibadah), nah tentunya kita yang bukan
nabi lebih pantas lagi berdoa agar dijauhkan dari kesyirikan!!
Al-Hafizh Abul Fida' Ibnu
Katsir Ad-Dimasyqiy -rahimahullah- berkata,
ينبغي لكل داع أن
يدعو لنفسه ولوالديه ولذريته
"Sepantasnya bagi setiap orang yang
berdoa agar mendoakan dirinya, kedua orang tuanya dan anak keturuanannya." [Lihat Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim (4/513),
karya Ibnu Katsir, cet. Dar Thoibah]
Datang setelah mereka, seorang hamba yang sholih lagi
berilmu, Luqman Al-Hakim -rahimahullah-.
Allah -Azza wa Jalla- berfirman dalam mengabadikan
wasiatnya kepada anaknya, konon kabarnya bernama Tsaron,
وَإِذْ
قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ
إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ [لقمان : 13]
"Dan (Ingatlah) ketika Luqman Berkata
kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku,
janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah)
adalah benar-benar kezaliman yang besar." (QS. Luqman : 13)
Ibnu Asyur Al-Malikiy -rahimahullah- berkata,
وَقَدْ قَالَ
جُمْهُورُ الْمُفَسِّرِينَ: إِنَّ ابْنَ لُقْمَانَ كَانَ مُشْرِكًا فَلَمْ يَزَلْ
لُقْمَانُ يَعِظُهُ حَتَّى آمَنَ بِاللَّهِ وَحْدَهُ، فَإِنَّ الْوَعْظَ زَجْرٌ
مُقْتَرِنٌ بِتَخْوِيفٍ
"Sungguh jumhur ahli tafsir berkata,
"Sesungguhnya anak Luqman dahulu seorang musyrik. Senantiasa Luqman
menasihatinya sampai anaknya beriman kepada Allah saja, karena mau'izhoh
'nasihat' adalah larangan yang diiringi oleh ancaman." [Lihat At-Tahrir wat Tanwir (21/154)]
Demikianlah orang-orang sholih terdahulu amat
memperhatikan urusan tauhid. Mereka sampai mewasiati anak-anaknya tentang
tauhid, walaupun dalam kondisi ajal di ambang mata.
5.
Tauhid adalah Asas Kehidupan Manusia, sedang Kesyirikan adalah
Penyakit yang Menghinggapi Mereka.
Disebutkan
dalam sebagian riwayat bahwa manusia sejak zaman Nabi Adam –alaihish sholatu
was salam- sampai sepuluh generasi, semuanya di atas tauhid.
Inilah
yang diutarakan oleh Allah -Tabaroka wa Ta'ala- dalam firman-Nya,
كَانَ
النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللَّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ
وَمُنْذِرِينَ وَأَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ
النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ وَمَا اخْتَلَفَ فِيهِ إِلَّا الَّذِينَ
أُوتُوهُ مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَاتُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ فَهَدَى
اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِهِ
وَاللَّهُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ [البقرة : 213]
"Dahulu manusia itu adalah umat yang
satu. (Setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai
pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk
memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.
Tidaklah berselisih tentang Kitab itu, melainkan orang yang telah didatangkan
kepada mereka kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan
yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk
orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan
itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang
dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus." (QS. Al-Baqoroh : 213)
Dahulu seluruh manusia berada di atas tauhid, lalu
datanglah syaithon menyesatkan mereka dengan kesyirikan. Maka rasul pertama
yang diutus dalam menyebarkan tauhid dan memberantas kesyirikan adalah Nabi Nuh
-Shallallahu alaihi wa sallam-.
Makki bin Abi Tholib Hammusy Al-Qoisiy
Al-Malikiy (wafat 437 H) -rahimahullah-
berkata,
الآمة هنا قول ابن
عباس وعكرمة : من كان بين آدم ونوح ، وهم عشرة قرون ، وكانوا على دين من الحق ، ثم
اختلفوا بعد ذلك ، فبعث الله النبيين مبشرين ومنذرين . قال ذلك ابن عباس وغيره .
وأول من بعث الله نوحاً عليه السلام .
"Umat disini, menurut pendapat Ibnu
Abbas dan Ikrimah, (mereka) adalah orang-orang yang ada diantara Nabi Adam dan
Nabi Nuh, sedang mereka adalah 10 generasi. Mereka dulu di atas agama yang haq
(yakni, di atas tauhid,- pent.). Kemudian mereka berselisih setelah itu. Lalu
Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan.
Pendapat ini dinyatakan oleh Ibnu Abbas dan selainnya. (Rasul) yang pertama
kali diutus oleh Allah adalah Nuh –alaihis salam-." [Lihat Al-Hidayah ila Bulugh An-Nihayah
(1/695)]
6.
Tauhid adalah Kewajiban Pertama di Atas Pundak Para
Da'i.
Kewajiban
pertama seorang juru dakwah yang menginginkan keselamatan dan kemulian bagi
masyarakat yang ia dakwahi adalah kewajiban mendakwahkan tauhid. Sebab "tauhid" adalah jalan yang
menyelamatkan seseorang dari api neraka.
Itulah
sebabnya Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- mewanti-wanti "masalah tauhid"
kepada Mu'adz bin Jabal -radhiyallahu anhu- saat beliau mengutusnya ke
Yaman sebagai juru dakwah di jalan Allah. Diantara pesan beliau kepada Mu'adz,
إِنَّكَ
سَتَأْتِي قَوْمًا أَهْلَ كِتَابٍ فَإِذَا جِئْتَهُمْ فَادْعُهُمْ إِلَى أَنْ
يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ
"Sesungguhnya
kamu akan mendatangi suatu kaum, yakni Ahli Kitab. Jika mendatangi mereka, maka
dakwahilah (ajaklah) agar mereka mempersaksikan bahwa tiada ilaah (sembahan)
yang haq, selain Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah…" [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (1496)]
Al-Hafizh Zainuddin Al-Iroqiy
-rahimahullah- berkata,
كيفية الدعوة إلى الإسلام باعتبار أصناف الخلق في الاعتقادات
فلما كان إرسال معاذ إلى من يقر بالإله والنبوات وهم أهل الكتاب أمره بأول ما
يدعوهم إلى توحيد الإله والإقرار بنبوة محمد فإنهم وإن كانوا يعترفون بإلهية الله
تعالى ولكن يجعلون له شريكا لدعوة النصارى أن المسيح ابن الله تعالى ودعوة اليهود
أن عزيرا ابن الله سبحانه عما يصفون وأن محمدا ليس برسول الله أصلا أو أنه ليس
برسول إليهم على اختلاف آرائهم في الضلالة فكان هذا أول واجب يدعون إليه
"Cara
dakwah kepada Islam, dengan memperhatikan jenis-jenis manusia dalam hal
keyakinan. Tatkala pengutusan Mu'adz kepada kaum yang menetapkan adanya tuhan
dan kenabian –mereka adalah ahli kitab-, maka Nabi -Shallallahu alaihi wa
sallam- memerintahkannya agar yang paling pertama mereka didakwahi, kepada
tauhidul ilaah (mengesakan Tuhan) dan penetapan kenabian Muhammad. Karena,
walaupun mereka mengakui ketuhanan Allah -Ta'ala-. Akan tetapi mereka
mengangkat bagi-Nya sekutu, karena adanya klaim kaum Nashrani bahwa Al-Masih
(Nabi Isa) adalah anak Allah, dan juga adanya klaim kaum Yahudi bahwa Uzair
adalah anak Allah. Maha Suci Allah dari apa yang mereka gambarkan; serta
(adanya klaim mereka) bahwa Muhammad bukan rasul Allah pada asalnya atau bahwa
beliau bukan rasul kepada mereka, tergantung perselisihan pendapat-pendapat
mereka dalam kesesatan. Jadi, perkara ini (tauhid) adalah kewajiban pertama
yang mereka didakwahi kepadanya."
[Lihat Umdah Al-Qori (13/184-185)]
7.
Tauhid adalah Kewajiban Utama atas Seluruh Makhluk.
Tugas
dan kewajiban jin dan manusia di alam dunia ini –secara global- adalah
beribadah hanya kepada Allah, tanpa menyekutukannya dalam semua jenis ibadah. Inilah
hakikat tauhid.
Allah -Tabaroka
wa Ta'ala- berfirman,
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ [الذاريات : 56]
"Dan Aku tidak menciptakan jin dan
manusia, melainkan supaya mereka mengibadahi-Ku." (QS. Adz-Dzariyat : 56)
Al-Imam Abu Ja'far Ibnu Jarir Ath-Thobariy -rahimahullah- berkata,
وأولى القولين في ذلك
بالصواب القول الذي ذكرنا عن ابن عباس، وهو: ما خلقت الجنّ والإنس إلا لعبادتنا،
والتذلل لأمرنا
"Yang paling utama benar dari dua
pendapat itu dalam perkara tersebut adalah pendapat yang telah kami sebutkan
dari Ibnu Abbas, yaitu, 'Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali
untuk beribadah kepada-Ku dan tunduk kepada perintah Kami." [Lihat Jami' Al-Bayan (22/445)]
Tentunya perintah yang paling besar dan utama adalah
perintah untuk tauhidullah (mengesakan Allah) dalam ibadah.
8.
Tauhid adalah Penebus dan Penghapus Dosa.
Pernahkah anda
membayangkan bahwa di Hari Pembalasan nanti, ada sebagian orang akan diberi
keutamaan, dosanya dihapuskan oleh Allah. Mestinya ia masuk ke neraka, tapi ia
diselamatkan oleh Allah berkat "tauhidnya".
Nabi -Shallallahu
'alaihi wa sallam- bersabda,
إِنَّ اللَّهَ
سَيُخَلِّصُ رَجُلاً مِنْ أُمَّتِي عَلَى رُءُوسِ الخَلاَئِقِ يَوْمَ القِيَامَةِ
فَيَنْشُرُ عَلَيْهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ سِجِلًّا كُلُّ سِجِلٍّ مِثْلُ مَدِّ
البَصَرِ ، ثُمَّ يَقُولُ : أَتُنْكِرُ مِنْ هَذَا شَيْئًا ؟ أَظَلَمَكَ كَتَبَتِي
الحَافِظُونَ ؟ فَيَقُولُ : لاَ يَا رَبِّ ، فَيَقُولُ : أَفَلَكَ عُذْرٌ ؟
فَيَقُولُ : لاَ يَا
رَبِّ ، فَيَقُولُ : بَلَى إِنَّ لَكَ عِنْدَنَا حَسَنَةً ، فَإِنَّهُ لاَ ظُلْمَ
عَلَيْكَ اليَوْمَ ، فَتَخْرُجُ بِطَاقَةٌ فِيهَا : أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ
إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، فَيَقُولُ :
احْضُرْ وَزْنَكَ ، فَيَقُولُ : يَا رَبِّ مَا هَذِهِ البِطَاقَةُ مَعَ هَذِهِ
السِّجِلاَّتِ ، فَقَالَ : إِنَّكَ لاَ تُظْلَمُ ، قَالَ : فَتُوضَعُ
السِّجِلاَّتُ فِي كَفَّةٍ وَالبِطَاقَةُ فِي كَفَّةٍ ، فَطَاشَتِ السِّجِلاَّتُ
وَثَقُلَتِ البِطَاقَةُ ، فَلاَ يَثْقُلُ مَعَ اسْمِ اللهِ شَيْءٌ.
"Sesunggunya Allah akan
menyelamatkan seorang lelaki dari umatku
di hadapan para makhluk pada hari kiamat. Maka dihamparkan di depannya 99
gulungan (dosa), setiap gulungan panjangnya sejauh mata memandang, kemudian
Allah berfirman (kepadanya), “Apakah kamu mengingkari sesuatu dari ini (yaitu
catatan dosa yang terhampar di depannya), apakah para penulis-Ku yang mengawasi
kamu menzholimimu?” Maka ia menjawab, “tidak wahai Rabbku”, maka Allah
berfirman, “Bahkan engkau mempunyai satu kebaikan di sisi Kami, sesungguhnya
tidak ada kezholiman pada hari ini atasmu”, maka dikeluarkan satu bithoqoh
(kartu) tertulis di dalamnya:
أَشْهَدُ أَنْ لاَ
إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
“Maka Allah berfirman, “Saksikanlah
timbanganmu”, maka ia berkata, “wahai Rabbku apakah (nilainya) bithoqoh ini
dibanding dengan gulungan-gulungan tersebut”. Maka Allah berfirman,
“Sesungguhnya engkau tidak akan dizholimi”. Maka diletakkan gulungan-gulungan
tersebut pada satu daun timbangan dan bithoqoh (diletakkan) pada anak timbangan
(lainnya). Maka terangkatlah gulungan-gulungan itu dan bithoqoh tersebut lebih berat”.
[HR. Imam Ahmad dalam Al-Musnad (6994),
At-Tirmidziy dalam Al-Jami’ (2639), Ibnu Majah Al-Qozwiniy dalam As-Sunan
(4300), dan lainnya. Di-shahih-kan Syaikh Al-Albaniy dalam Ash-Shahihah
(no. 135)]
Hadits ini mengabarkan tentang catatan pahala seorang
lelaki, bertuliskan “la ilaha illallah” pada sebuah
bithoqoh (kartu) bisa menghapus 99 gulungan dosa.
Setiap satu gulungan panjangnya sejauh mata memandang. Keutamaan
ini ia peroleh karena ia mengucapkan, meyakini, dan melaksanakan konsekuensi
kalimat ini dalam keadaan sempurna keikhlasannya (murni dalam bertauhid atau
syahadatnya).Akan tetapi perlu diingat, betapa banyak orang yang
mengucapkan kalimat ini, tapi tidak bisa mendapatkan keistimewaan di atas,
karena keikhlasannya tidak sempurna.
Fadhilah Asy-Syaikh Sholeh bin Abdul Aziz
Alusy Syaikh -hafizhohullah- berkata
dalam At-Tamhid li Syarh Kitab At-Tauhid (hal. 28),
“Keutamaan besar ini bagi kalimat
tauhid, hanyalah ada bagi orang yang kalimat itu kuat di hatinya. Demikianlah
bahwa kalimat itu kuat dalam hati sebagian hamba, karena ikhlash, dan
membenarkannya. Dia tak ragu terhadap sesuatu yang ditunjukkan oleh kalimat
tersebut, ia meyakini sesuatu yang terdapat padanya, dan mencintai sesuatu yang
ditunjukkannya. Akhirnya, bekas, dan cahayanya semakin kuat dalam hati. Jika
demikian, maka kalimat itu akan membakar sesuatu yang dihadapinya berupa
dosa-dosa. Adapun orang yang tidak sempurna keikhlasannya dalan kalimat itu,
maka gulungan dosa tersebut tidak akan terangkat (melayang)”.
Disinilah
penting seorang hamba menjaga tauhidnya dari noda-noda kesyirikan agar ia kelak
mendapatkan keutamaan ini.
9.
Tauhid Melahirkan Rasa dan Hidayah
Keutamaan
lain dari tauhid, ia dapat melahirkan rasa aman dan hidayah kepada pemiliknya.
Keamanan dan hidayah saat di dunia dan keamanan saat menghadap kepada Allah.
Allah -Tabaroka
wa Ta'ala- berfirman,
الَّذِينَ
آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ
وَهُمْ مُهْتَدُونَ [الأنعام : 82]
"Orang-orang yang beriman dan tidak
mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka Itulah yang
mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-An'aam : 82)
Sebaliknya orang berbuat kesyirikan, mereka akan ditimpa
oleh rasa takut yang besar dan berlebihan, sehingga kesyirikannya semakin besar
pula.
Inilah yang pernah Allah terangkan dalam firman-Nya,
سَنُلْقِي فِي
قُلُوبِ الَّذِينَ كَفَرُوا الرُّعْبَ بِمَا أَشْرَكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ
يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَمَأْوَاهُمُ النَّارُ وَبِئْسَ مَثْوَى الظَّالِمِينَ
[آل عمران : 151]
"Akan kami masukkan ke dalam hati
orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan
sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. tempat
kembali mereka ialah neraka; dan Itulah seburuk-buruk tempat tinggal
orang-orang yang zalim." (QS. Ali
Imraan : 151)
Inilah beberapa buah diantara keutamaan tauhid dan
pelakunya. Semoga Allah menjauhkan kita dari kesyirikan dan mematikan kita di
atas tauhid dan sunnah. amiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong komentarnya yang sopan