Selasa, 11 Agustus 2015

Tarian dan Nyanyian yang Dilakukan Oleh Kaum Sufi


Hasil gambar untuk ‫الرد على الصوفية وأصحاب الطرق‬‎
[Serial Fatwa Ulama Islam: 01]
Salah satu golongan yang menyimpang dr Islam, golongan yg kita kenal dg "kaum sufi". Sebagian dr penyimpangan mereka, ada diantara mereka yg melakukan tarian dan nyanyian dengan dalih "berdzikir kpd Allah"(?)

Perbutan mrk ini telah diingkari oleh para ulama Islam. Krn itu, kumpulan ulama dalam Al-Lajnah Ad-Da'imah ketika ditanya:
س4: هل ما يفعله الصوفية من رقص وغناء وتمايل ذات اليمين والشمال ذكر كما يسمونه حلال أم حرام؟
"Apakah yang dilakukan orang-orang sufi seperti tarian dan nyanyian serta gerakan ke kanan dan ke kiri yang mereka namakan zikir, perbuatan ini halal atau haram?"

Maka para ulama itu menjawab:
ج4: خير الكلام كلام الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم وشر الأمور محدثاتها وقد أكمل الله الدين لعباده قولا وعملا واعتقادا، قال تعالى: { الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا } (1) والرسول صلى الله عليه وسلم بين هذا الدين بقوله وفعله وتقريره، وصحابته رضي الله عنهم نقلوا عنه صلى الله عليه وسلم ما صدر منه من الأقوال والأفعال والإقرار، فالدين كامل من جهة قواعده ومن جهة بيانه ونقله، والذكر نوع من العبادات والعبادات مبنية على التوقيف، ومن خصص شيئا من العبادات وحدد له وقتا معينا أو كيفية خاصة لأدائه فهو مطالب بالدليل، وما ذكر في السؤال لا نعلم له أصلا شرعيا يعتمد عليه، وقد ثبت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: « من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد » (2) فما ذكر في السؤال من النوع المردود.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
((فتاوى اللجنة الدائمة(32)جزءا - (2 / 272)))

"Perkataan yang paling baik adalah Kitab Allah, petunjuk yang paling baik adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, perkara yang paling buruk adalah perkara yang diada-adakan, dan Allah telah menyempurnakan agama bagi hamba-hambaNya baik perkataan, perbuatan maupun keyakinan, Allah Ta'ala berfirman:
"Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhai Islam itu jadi agama bagimu.
Rasul Shallallahu `Alaihi wa Sallam telah menjelaskan ajaran agama ini dengan perkataaan, perbuatan dan ketetapan. Para sahabat Radhiyallahu `Anhum meriwayatkan semua perkataan, perbuatan dan ketetapan yang berasal dari beliau Shallallahu `Alaihi wa Sallam. 
Agama ini telah sempurna dari sisi kaidah, penjelasan, dan periwayatannya. Zikir merupakan jenis ibadah, dan ibadah berlandaskan pada tauqif (perintah langsung dari Allah). 
Barangsiapa yang mengkhususkan ibadah tertentu dengan menentukan waktu dan cara khusus dalam pelaksanaannya maka ia harus mendatangkan dalil. Sedang perkara yang disebutkan dalam pertanyaan di atas, tidak kita ketahui landasan syariatnya. 
Diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda:
"Barangsiapa mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan berasal dari urusan agama kami, maka perkara itu tertolak." 
Dengan demikian, perkara yang disebutkan di dalam pertanyaan di atas termasuk kategori yang ditolak.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
* Ketua : Syaikh Abdul Aziz bin Baaz
* Wakil Ketua : Syaikh Abdur Rozzaq Afifi.
* Anggota : Syaikh Abdullah bin Ghudayyan dan Syaikh Abdullah bin Qu'ud.


Sumber : Fatawa Al-Lajnah Ad-Da'imah (2/272)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya yang sopan